Warna

Menurut buku yang saya baca, warna adalah persepsi dari mata kita terhadap cahaya tampak. Persepsi "putih" bila mata menerima semua panjang gelombang dari cahaya tampak, sebaliknya bila tidak ada cahaya tampak yang diterima mata, maka persepsi mata adalah "hitam/gelap", sedangkan cahaya tampak yang tidak lengkap adalah cahaya "berwarna". Jadi, suatu zat akan tampak berwarna, apabila zat itu menyerap hanya beberapa warna dan memantulkan yang lain. Warna yang tampak ialah warna yang dipantulkan atau perpaduan dari warna-warna yang dipantulkan. Bila suatu zat menyerap semua warna, maka zat itu akan tampak hitam (gelap); sebaliknya bila memantulkan semua warna akan tampak putih.

Warna yang paling utama adalah warna merah, kuning, biru, hitam dan putih. Kalau ke-5 warna tersebut dimodifikasi akan menimbulkan warna yang lain. Contoh: merah dan kuning --> jingga, biru dan kuning --> hijau. Kalau pada proses melukis, warna hitam digunakan untuk membuat warna lebih tua, sedangkan warna putih untuk memudakan warna.

Setiap orang biasanya punya warna kesukaannya masing-masing. Biasanya kalau anak laki-laki sukanya warna itu yang gelap, contoh : hitam, tapi ada juga yang suka warna cerah. Kalau perempuan, sukanya warna terang, contoh: biru, kuning, dan lain-lain, tapi ada juga yang suka warna gelap. Warna-warna yang kita suka, apapun benda, pakaian atau apalah, katanya sih dapat menyampaikan pesan dan pribadi dari diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar